Gaji Habis Gitu Aja? Lakukan 5 Tips Berhemat Ini!

Gaji Habis Gitu Aja? Lakukan 5 Tips Berhemat Ini! – Pernahkah Anda merasa seperti ini: mendapat bayaran, merasa bahagia, berbelanja, terus berlari? Tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut tidak hanya dirasakan oleh satu orang saja saat menerima gajinya, hampir semua karyawan pun merasakan hal tersebut. Sebelum menghabiskan gaji Anda untuk hal-hal yang sebenarnya tidak Anda perlukan, ada baiknya Anda menabung untuk kebutuhan jangka panjang. Bagaimana?

  • Simpan dulu, jajan belakangan

Keramaian belanja biasanya meningkat setelah hari gajian, sehingga tak heran banyak toko online yang memberikan promosi besar-besaran setiap hari gajian. Nah, hal-hal kecil yang biasa Anda keluarkan itulah yang tidak membuat Anda merasa kehabisan uang. Hal ini memerlukan konversi sistem distribusi menjadi pipa terlebih dahulu dan kemudian menjadi makanan ringan. Apa artinya? Setiap kali Anda mendapat bayaran, simpanlah di buku catatan dan rekening tabungan lainnya.

  • Anda harus memiliki setidaknya dua rekening bank.

Kemampuan untuk memiliki lebih dari satu rekening bank dapat dijadikan dasar untuk menabung. Hebatnya lagi, uang yang Anda simpan tidak akan ditarik untuk sementara waktu. Kuncinya adalah konsistensi dan tujuan penghematan.

  • Gunakan kartu kredit Anda dengan bijak

Anda sudah punya dua rekening tabungan, tapi gaji masih sedikit? Anda mungkin mendapati diri Anda berbelanja dengan kartu kredit, bukan uang tunai, tanpa Anda sadari. Banyak orang menyebut kartu kredit sebagai ‘kartu setan’. Faktanya, kartu kredit bisa menjadi teman setia Anda di situasi darurat. Anda harus mendisiplinkan diri dalam hal ini untuk kritis apakah yang ingin Anda beli merupakan kebutuhan atau hanya keinginan sementara.

  • Temukan penghasilan tambahan

Cara lain untuk menghemat uang dari gaji Anda adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Apakah Anda mempunyai hobi khusus? Mari jadikan ini sebagai ladang di mana Anda bisa menghasilkan uang!

  • Dapatkan investasi yang tepat

Jadi, jika Anda masih punya banyak uang dan ingin mengembangkannya, Anda bisa menginvestasikannya dan ikut asuransi, reksa dana, emas, dll. Dalam hal investasi, Anda terbiasa menabung daripada membelanjakannya saat ingin membeli sesuatu. Karena investasi berperan sebagai rem. Cara ini terbukti efektif bagi mereka yang kesulitan menabung.

Jadi, apakah Anda siap berhemat?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *